PEMBERDAYAAN UMKM DI KELURAHAN GENDONGAN KOTA SALATIGA MELALUI PEMASARAN DIGITAL
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis upaya pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Gendongan, Kota Salatiga, melalui strategi pemasaran digital. Metode penelitian yang digunakan melibatkan pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM dalam memanfaatkan platform digital. Hasil penelitian ini memberikan gambaran tentang dampak penerapan pemasaran digital terhadap peningkatan penjualan dan visibilitas UMKM di tingkat lokal. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi landasan bagi pengembangan kebijakan dan program pemberdayaan UMKM di berbagai wilayah, dengan fokus pada pemanfaatan teknologi digital sebagai alat untuk pertumbuhan ekonomi lokal
Article Details
References
Adi, F. (2015). Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Anih, S. S. (2014). Peran Bank Sampah dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah. ASPIRASI, V(1), 71.
Dedi Purwana, R. R. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani Vol. 1 No. 1, 1-17.
Desriza, I. M. (2023). Digital Marketing and Marketing Communication Strategy at Ciwaringin Cirebon Batik Umkm as a Challenge in Technological Development. Indonesian Journal of Contemporary Multidisciplinary Research (MODERN) Vol. 2, No. 6, 1055-1068.
Jasri, N. A. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research Vol. 6, No. 2, 212-224.
Saputra, R. B. (2015). Proses Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Bank Sampah. Jurnal ARSI: FSIP Universitas Indonesia , 88.
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi Vol. 5, No. 2, 259-279.
Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat . Jurnal Akuntan Publik Vol. 1, No. 3, 1-8.