Stimulasi Kreativitas pada Anak Melalui Pembuatan Karya Digital di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta
Main Article Content
Abstract
Kreativitas merupakan upaya membangun berbagai kreasi yang memungkinkan bagi pemberdayaan dan penguatan bagi pengembangan bakat yang telah tergali. Dalam kehidupan, kreativitas merupakan hal sangat penting, dengan kreativitas kita akan terdorong untuk mencoba bebagai macam cara dalam melakukan sesuatu. Stimulasi kreativitas pada anak penting dilakukan karena memiliki banyak manfaat positif untuk perkembangan mereka, karena dengan kreativitas, anak belajar untuk berpikir secara kreatif dan melihat masalah dari berbagai sudut pandang. Hal ini membantu anak mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang penting dalam menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari. Salah satu cara mengembangkan kreativitas anak adalah melalui pembuatan karya digital. Karya digital merupakan karya seni atau produk yang dibuat dengan menggunakan teknologi digital atau komputer. Berbeda dengan karya tradisional yang mungkin menggunakan media seperti kanvas, pensil, atau cat air, karya digital melibatkan penggunaan perangkat lunak dan perangkat keras komputer, seperti komputer pribadi, tablet grafis, atau perangkat cerdas. Pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan di MAN 1 Kampus B Kelurahan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu diharapkan mampu menstimulasi kreativitas siswa melalui karya digital
Article Details
References
Gora, R., Abdurrohim, M., Tarsani, O., & Purwatiningsih, S. D. (2022). Pembinaan Kreatif Promosi Dengan Digital Copywriting Di Panti Asuhan Islam Media Kasih, Tangerang. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(6), 801–814. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i6.310
Hamdanah, & Surawan. (2022). REMAJA DAN DINAMIKA : Tinjauan Psikologis dan Pendidikan. K-Media.
Hilda, A. M., & Elly, M. J. (2019). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk Pengembangan Sistem Informasi Geospasial. Jurnal SOLMA, 8(2), 258. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.3126
LPPM Universitas Sebelas Maret. (2021). Teori Kreativitas Torrance. Portal Spada UNS. https://spada.uns.ac.id/mod/assign/view.php?id=163656
Pujiwantoro, Z. A. (2018). KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI NEGERI WATUAGUNG TAMBAK BANYUMAS. Jurnal Tawadhu, 2(2), 641–653.
Sudarti, D. O. (2020). Mengembangkan Kreativitas Aptitude Anak dengan Strategi Habituasi dalam Keluarga. Jurnal Al-Azhar Indonesia, 5(3), 117–127.
Suroto, Yanti, E., & Wulandari, J. (2023). PELATIHAN ADOBE INDESIGN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN TEKNIS DESKTOP PUBLISHING PADA PENGADILAN AGAMA JAMBI. KREPA, 1(1), 20–30.
Trimastuti, W., Christinawati, S., Ratna H, Y., Setiatin, S., & Anggilia Puspita, V. (2021). Public Speaking dan Teknik Presentasi dalam Menciptakan Pengajaran yang Menarik. PADMA, 1(2), 123–135. https://doi.org/10.56689/padma.v1i2.493
Valenci, C., & Winata, T. (2020). RUANG KREATIF DIGITAL. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 1(2), 2075. https://doi.org/10.24912/stupa.v1i2.4435