Penerapan Marketing Mix (4P) dan Analisis SWOT Terhadap Branding Produk Didukung dengan Manajemen Keuangan Kreatif pada UMKM Industri Kerajinan Batok Kelapa

Main Article Content

Edy Sambodja
Hilda Nanda Prayitna
Ersanti Ersanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Marketing Mix (4P) dan Analisis SWOT terhadap branding produk yang didukung dengan manajemen keuangan kreatif pada UMKM industri kerajinan batok kelapa. Marketing Mix (Product, Price, Place, Promotion) digunakan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran yang efektif, sementara Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) digunakan untuk mengevaluasi posisi dan potensi pasar UMKM ini. Manajemen keuangan kreatif diterapkan untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya keuangan dengan cara yang inovatif dan efisien. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi kasus pada UMKM industri kerajinan batok kelapa di Kota Tangerang. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pemilik UMKM, observasi lapangan, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Marketing Mix yang tepat dapat meningkatkan daya tarik dan penjualan produk kerajinan batok kelapa. Penetapan harga yang kompetitif, distribusi yang efektif, dan promosi yang kreatif menjadi kunci keberhasilan strategi pemasaran. Analisis SWOT mengungkapkan bahwa UMKM ini memiliki kekuatan dalam kualitas produk dan keunikan desain, namun menghadapi tantangan dalam hal keterbatasan modal dan persaingan pasar. Peluang untuk ekspansi pasar dan diversifikasi produk cukup besar jika didukung oleh manajemen keuangan yang efektif. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pelaku UMKM dalam industri kerajinan batok kelapa untuk lebih fokus pada strategi pemasaran yang terintegrasi dengan manajemen keuangan kreatif. Dengan demikian, UMKM dapat meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha di tengah dinamika pasar yang kompetitif.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad, Afdhal, Muhammad Arif Suyatman, Muhammad Surya Rahim, Faisal Majid, and Rika Hariance, ‘Pengolahan Batok (Tampuruang) Kelapa Menjadi Jam Tangan Botac (Based on Tampuruang Andalas Creation)’, Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), September, 2018, 329–35 <https://journal.akprind.ac.id/index.php/prosidingsnast/article/view/1463/1162>

Daya, Jurnal, ‘Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Kerajinan Tenun Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Usaha Tenun Alamanda Sudaji Bali) (Ketut Surya Pramita; Ni Luh Eka Permoni)’, 9.1 (2023)

Dr. Bhavesh A. Prabhakar, and डॉ. गुरुदत्त पी. जपी, ‘भारत के अंतरिक्ष कार्यक्रमों और इसरो के पीएसएलवी, जीएसएलवी प्रक्षेपकों की क्षमता की पृष्ठभूमि मे चंद्रयान -1, 2, 3 अभियानो की भूमिका का आकलन’, International Journal of Research in Science, Commerce, Arts, Management and Technology, 2.1 (2023), 410–21 <https://doi.org/10.48175/ijarsct-13062>

Nustini, Yuni, and Allwar, ‘Pemanfaatan Limbah Tempurung Kelapa Menjadi Arang Tempurung Kelapa Dan Granu’, Prosiding Seminar Nasional Mewujudkan Masyarakat Madani Dan Lestari, 9 (2019), 172–83

Priyanka Maharani, Ida Ayu Dinda, Dewi Soraya, I Gst. B. Ngr. P. Putra, and Putu Ary Setiawan, ‘Pengembangan Usaha Pada Kelompok Pengrajin Ukiran Batok Kelapa Di Desa Tampaksiring Kabupaten Gianyar’, International Journal of Community Service Learning, 5.2 (2021), 113–20 <https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.34495>

Safitri, Syofiatul, Agnesia Gian Marcheren, Alifa Fauziah, Audrey Dwi Rahma, Lala Putri Guci, Maya Risma Wijayanti, and others, ‘Sosialisasi Dan Pelatihan Digital Marketing, Branding, Manajemen Keuangan Dan Sertifikasi Halal Pada UMKM Desa Maredan Barat’, Madaniya, 5.1 (2024), 112–19 <https://doi.org/10.53696/27214834.708>

Setyowati, Erna, and Atika Puspa D Puspa D, ‘Rekayasa Pengolahan Limbah Batok Kelapa Sebagai Aksesoris Sanggul’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 12.2 (2019), 118 <https://doi.org/10.20961/jiptek.v12i2.34161>

Ummah, Siti Maghfirotul, Jeni Susyanti, and A. Agus Priyono, ‘Pengaruh Sikap Keuangan, Pengetahuan Keuangan, Efikasi Diri Keuangan Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Melalui Pengendalian Diri Sebagai Variabel Intervening’, Jurnal Riset Manajemen, 2022, 19–32

Utami, Rahayu Tri, Yopy Ratna Dewanti, Darmawan Darmawan, and Setiawan Setiawan, ‘Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pt Xyz Dengan Menggunakan Swot’, Jurnal Ilmiah Publika, 9.2 (2021), 218 <https://doi.org/10.33603/publika.v9i2.6477>

Utami, Rahayu Tri, Deny Sudrajat, Niantoro Sutrisno, Tri Winarto, and Kabupaten Kuningan, ‘Strategi Riset Pemasaran Produk Umkm Kabupaten Kuningan Jawa Barat’, 7.1 (2024), 19–27