Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Dalam Pembinaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM): Pendekatan Kuantitatif untuk Peningkatan Ekonomi Kerakyatan

Main Article Content

Meida Rachmawati

Abstract

Penelitian ini menganalisis program pemberdayaan masyarakat perempuan dalam pembinaan UMKM dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data menunjukkan bahwa 64,5% dari total 65 juta pelaku UMKM di Indonesia adalah perempuan, dengan kontribusi UMKM mencapai 61% terhadap PDB nasional. Penelitian dilakukan terhadap 120 perempuan pelaku UMKM di Kabupaten Magelang menggunakan metode survei dengan kuesioner terstruktur. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa program pelatihan keterampilan (β=0,456, p<0,05), akses permodalan (β=0,389, p<0,05), dan pemasaran digital (β=0,367, p<0,05) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan omzet UMKM. Implementasi program pemberdayaan menghasilkan peningkatan rata-rata omzet sebesar 45% dalam periode 6 bulan. Program ini efektif meningkatkan kapasitas ekonomi perempuan dan berkontribusi terhadap pengentasan kemiskinan di tingkat komunitas

Article Details

Section
Articles

References

Handayani, S., & Susanto, R. (2019). Faktor-faktor keberhasilan pembinaan UMKM di Indonesia: Studi empiris pada pelaku usaha kecil. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(2), 145-162.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. (2023). Pemerintah dorong UMKM naik kelas, tingkatkan kontribusi terhadap ekspor Indonesia. Jakarta: Kemenko Perekonomian.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2024). Kepemilikan dan kepimpinan UMKM. Jakarta: Kemen PPPA.

Masduki, T. (2021). Jumlah kewirausahaan perempuan perlu ditingkatkan. Siaran Pers Kementerian Koperasi dan UKM, 23 Desember 2021.

Pratiwi, D., Sari, M., & Wijaya, A. (2021). Kendala akses permodalan pelaku UMKM perempuan di Indonesia. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 8(1), 78-95.

Rahmawati, N., & Indira, P. (2022). Efektivitas program pelatihan keterampilan terhadap kinerja UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(3), 234-248.

Sari, L. K., & Wijaya, S. (2020). Pemberdayaan perempuan melalui UMKM untuk pengentasan kemiskinan. Jurnal Ekonomi Kerakyatan, 7(2), 89-104.

Sartika, R., & Fauzi, M. (2023). Dampak digitalisasi terhadap peningkatan omzet UMKM di era new normal. Jurnal Teknologi dan Bisnis, 18(1), 67-82.