Pelatihan Public Speaking Untuk Osis SMA N 2 Mranggen Demak
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran keterampilan public speaking dalam mendukung efektivitas kepemimpinan pengurus OSIS di SMA Negeri 2 Mranggen, Demak. Public speaking merupakan salah satu keterampilan komunikasi yang penting bagi pemimpin dalam menyampaikan ide, membangun hubungan, serta mempengaruhi audiens. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri atas ketua dan beberapa anggota OSIS, guru pembina, serta beberapa siswa sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan public speaking yang baik sangat berkontribusi terhadap keberhasilan para pengurus OSIS dalam menjalankan program kerja, memimpin rapat, serta membangun komunikasi yang efektif dengan sesama anggota dan pihak sekolah. Selain itu, keterampilan ini juga meningkatkan kepercayaan diri dan citra positif pemimpin di mata siswa lain. Temuan ini menegaskan bahwa public speaking merupakan kompetensi esensial yang perlu diasah dalam pengembangan karakter dan kepemimpinan siswa di tingkat sekolah menengah.
Kata kunci: public speaking, kepemimpinan siswa, OSIS SMA Negeri 2 Mranggen
Article Details
References
Beebe, S. A., & Beebe, S. J. (2018). Public Speaking: An Audience-Centered Approach (10th ed.). Pearson.
Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership (2nd ed.). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Carnegie, D. (2003). The Quick and Easy Way to Effective Speaking. New York: Pocket Books.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Organizational Behavior (16th ed.). Pearson Education.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications..