Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Inggris SMP melalui Literasi Digital di Kota Bandar Lampung
Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi guru Bahasa Inggris tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bandar Lampung dalam pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI), khususnya aplikasi Suno AI, sebagai media pembelajaran inovatif. Melalui pelatihan intensif yang melibatkan 89 orang guru, kegiatan ini memperkenalkan konsep literasi digital dan penerapan Suno AI untuk menciptakan materi audio dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Metode pelaksanaan meliputi ceramah, demonstrasi, praktik langsung, dan diskusi reflektif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan Suno AI, ditandai dengan kemampuan menghasilkan konten audio kreatif yang relevan untuk kegiatan listening, pronunciation, dan vocabulary enrichment. Kegiatan ini berkontribusi dalam mempersiapkan guru untuk menghadapi tantangan pembelajaran abad ke-21 melalui integrasi teknologi AI secara berkelanjutan.
Article Details
References
Dwivedi, Y. K., Hughes, L., Kar, A. K., Baabdullah, A. M., Grover, P., Abbas, R., ... & Wade, M. (2021). Artificial Intelligence (AI): Multidisciplinary perspectives on emerging challenges, opportunities, and agenda for research, practice and policy. International Journal of Information Management, 57, 101994. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.08.002
Goodfellow, I., Pouget-Abadie, J., Mirza, M., Xu, B., Warde-Farley, D., Ozair, S., ... & Bengio, Y. (2014). Generative Adversarial Nets. In Advances in neural information processing systems (pp. 2672-2680).
Heikkilä, T., & Clements, K. (2023). Multimodal learning with generative AI: New opportunities for language education. Journal of Educational Technology & Society, 26(1), 123-135.
Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial Intelligence in education: Promises and implications for teaching and learning. Center for Curriculum Redesign.
Russell, S., & Norvig, P. (2021). Artificial intelligence: A modern approach (4th ed.). Pearson.
Khalil, M., & Er, E. (2023). How can artificial intelligence enhance language learning? A systematic literature review. Computer Assisted Language Learning, 36(1-2), 50-78. https://doi.org/10.1080/09588221.2020.1831544
Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2016). Intelligence Unleashed: An argument for AI in education. Pearson Education.
Popenici, S. A. D., & Kerr, S. (2017). Exploring the impact of artificial intelligence on teaching and learning in higher education. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(1), 1-13. https://doi.org/10.1186/s41039-017-0062-8
Xie, H., Chu, H. C., Hwang, G. J., & Wang, C. C. (2019). Trends and development in technology-enhanced adaptive/personalized learning: A systematic review of journal publications from 2007 to 2017. Computers & Education, 140, 103599. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103599